Link atau tautan biasa dijumpai dalam sebuah halaman web sebagai alat untuk navigasi, berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain. ELemen link tersusun atas tag buka <a> dan tag tutup </a>. Selain itu, dalam fungsinya, link memiliki beberapa atribut pendukung untuk mendefinisikan peran dari link tersebut. Atribut ini biasa dituliskan di dalam tag buka. Contohnya adalah sebagai berikut.

<a href="https://blog.doovera.com/">Klik Disini</a>

Pada contoh di atas tertulis atribut href yang berisi URL yang akan dituju apabila link tersebut diklik. Sekali lagi, perhatikan pola penulisannya! Value dari atribut dituliskan dengan tanda petik (boleh petik satu atau dua). Seperti sebelumnya, hanya teks “Klik Disini”-lah yang akan muncul di browser.

Coba simpan kode HTML di atas lalu buka di browser. Jika kursor mouse kita arahkan ke link yang sudah kita buat, maka terlihat kursor berubah menjadi bentuk tangan yang menandakan elemen tersebut dapat diklik.

Tidak Harus Berupa Teks

Pada contoh di atas, saya menggunakan teks “Klik Disini” untuk mewakili tampilan tautan di browser. Hal ini bukan keharusan, kita dapat menggunakan gambar (img) maupun elemen HTML lainnya untuk dijadikan “wakil” yang tampil di browser.

Link ke Dokumen HTML di Komputer

Pada contoh di atas saya menggunakan URL ke halaman web lain (absolute URL). Sebenarnya, kita dapat juga menggunakan link untuk membuat navigasi ke halaman HTML lain di komputer lokal. Apabila file html terletak di folder yang sama, cukup tulis saja nama filenya, maka jika link diklik akan membuka file tersebut.