HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language, adalah bahasa markup yang berperan dalam pembuatan struktur halaman web. Jadi, untuk dapat membuat aplikasi web, baik itu hanya halaman web statis, entah itu sederhana maupun kompleks, membutuhkan HTML untuk dapat ditampilkan di browser. HTML bukan merupakan bahasa program, tapi lebih dikenal sebagai bahasa markup.

Anda ingin tahu seperti apa HTML? Coba saja klik kanan di bagian utama browser Anda (pilih tempat kosong di artikel ini). Lalu, tekan “View Page Source” atau semacamnya (bergantung browser). Maka Anda akan melihat tampilan kode yang sebagian besar adalah kode HTML. Tidak perlu panik melihat kode HTML yang sedemikian banyak dan terlihat rumit ya, tenang saja, kalau sudah tahu dasarnya nanti, kode-kode tersebut tidaklah susah untuk dimengerti.

<div class="blog-header">
	<h1 class="blog-title">
		<a href="https://blog.doovera.com" title="Doovera Blog — Web Development Stuff" rel="home">Doovera Blog</a>
	</h1>
	<h3 class="blog-description">Web Development Stuff</h3>
</div><!-- .blog-header -->	

Kode HTML tersusun atas elemen yang berpola dan dibentuk oleh komponen yang disebut Tag. Salah satu kunci dalam mempelajari HTML adalah mengamati pola penulisan elemen HTML. Jangan mengamati HTML secara keseluruhan karakter tulisannya, tapi perhatikanlah polanya!

Kode HTML dapat dibuat dengan software pengolah kata (text editor) yang banyak pilihannya. Bahkan, menggunakan Notepad (software bawaan windows) saja bisa. Namun, biasanya programmer menggunakan teks editor khusus untuk mengolah kode program. Software ini biasanya memiliki fitur-fitur yang memudahkan programmer dalam bekerja (menulis kode), misalnya syntax highlighting (memudahkan dalam melihat struktur kode, terlihat lebih menarik), fitur debugging kode (untuk mencari kesalahan penulisan program), manajemen project, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Anda dapat memilih dari sekian banyak teks editor yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan. Contoh teks editor yang populer misalnya: Notepad++, Sublime Text, Visual Studio Code, Atom, Coda (khusus MacOS), dan lain sebagainya.

Kode HTML dapat disimpan di harddisk sesuka hati dengan ekstensi “.html”. Untuk membukanya diperlukan browser (Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Edge, dsb). Apabila file HTML ada di komputer lokal Anda, tidak perlu koneksi internet untuk dapat membukanya. Cukup double click pada file .html akan membuka file tersebut dan menampilkan isinya pada browser (secara default).

Tertarik untuk mempelajari HTML? Ikuti seri artikel ini untuk informasi lebih lanjut ya. Happy coding!